Bronkitis pada Anak: 8 Obat Rumahan untuk Meredakan Gejala Bronkitis

Anak-anak memang rentan terhadap penyakit pernapasan, salah satunya bronkitis. Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah 8 obat rumahan untuk meredakan gejala.

Obat Rumahan untuk Meredakan Gejala Bronkitis

Terdapat beragam cara yang bisa dijadikan obat untuk meredakan, salah satunya adalah dengan bahan alami.

Dan di artikel ini kamu bisa menemukan solusi mengenai obat untuk meredakan gejala dari bronkitis.

Bronkitis adalah infeksi atau radang selaput saluran bronkial anak. Saluran ini adalah saluran napas yang menghubungkan trakea, atau batang tenggorokan, ke paru-paru.

Lapisan saluran bronkial sangat rapuh dan dapat mengeluarkan lendir yang bisa melawan patogen, membantu melindungi sistem pernapasan anak dengan mencegah infeksi terjadi.

Bronkitis terjadi ketika saluran pernapasan berubah menjadi semakin meradang dan mulai memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

Peradangan lapisan bronkial pada anak-anak biasanya terjadi ketika virus yang menyebabkan infeksi flu, sakit tenggorokan, flu, atau sinus anak tidak dapat menahan serangan dan ini pada akhirnya menyebar ke bronkus.

Sangat penting untuk memperhatikan dan memperhatikan tanda-tanda peringatan bronkitis pada bayi untuk mengetahui infeksi awal dan mencegah penyebaran lebih lanjut.

Penyebab bronkitis pada Anak


Ada dua jenis bronkitis—bronkitis akut dan bronkitis kronis—keduanya berbeda dalam hal penyebabnya.

Bronkitis Akut

Timbulnya bronkitis akut pada anak-anak agak cepat, dan itu mengarah pada gejala yang parah. Bronkitis akut umumnya berlangsung selama dua hingga tiga minggu.

Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus, meskipun infeksi bakteri juga dapat menimbulkan efek yang sama meskipun jarang terjadi. Bronkitis akut sering terjadi setelah episode flu biasa atau beberapa infeksi saluran pernapasan lainnya seperti berikut:
  • Anak-anak yang menderita  sinusitis kronis dan alergi atau mereka yang mengalami pembesaran amandel dan kelenjar gondok berisiko lebih tinggi terkena bronkitis akut.
  • Debu, alergen, asap yang kuat, asap rokok, dan serangan asma adalah penyebab utama timbulnya bronkitis akut.
  • Bronkitis bahkan dapat menjalar ke pneumonia yang lebih parah , yang dianggap sebagai salah satu komplikasi yang paling umum.
  • Anak-anak yang bergulat dengan defisiensi imun atau fibrosis kistik cenderung mengalami infeksi bakteri sekunder yang dapat menyebabkan bronkitis.

Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis yang biasa terjadi pada orang di atas usia 45 tahun, namun tidak menutup kemungkinan anak-anak, remaja, dan dewasa muda pun bisa mengalami kondisi ini.

Anak-anak dengan bronkitis keronis cenderung butuh waktu lebih lama untuk penyembuhan.

Tingkat keparahan bronkitis kronis ini dapat berkisar dari yang ringan hingga intens atau parah.

Tanda dan gejala bronkitis pada anak

Tanda dan gejala bronkitis yang paling umum pada anak-anak adalah batuk yang berdahak.

Dan memang, bahwa bronkitis menyebabkan batuk terus-menerus dan menyumbat saluran pernapasan, yang membuatnya semakin sulit untuk mengeluarkan udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Tanda dan gejala terkait lainnya termasuk:

  • Sakit kepala ringan
  • Demam ringan
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri atau sesak di dada
  • Merasa lelah
  • Pegal-pegal
  • Desah
  • Sesak napas

Sebagian besar bronkitis pada masa kanak-kanak akan dengan sembuh sendirinya. Namun, butuh waktu yang tidak singkat untuk mengatasi kondisi bronkitis, apalagi jenis bronkitis kronis.

Untuk mempercepat dan meringankan gejala dari bronkitis ini silakan kamu simak bebearpa pengobatan alami untuk bronkitis yang bisa dicoba di rumah.

Obat rumahan untuk mempercepat dan meredakan gejala bronkitis

Obat Rumahan untuk Meredakan Gejala Bronkitis


Berkumur dengan air garam

Bila anak kamu dirasa bisa untuk berkumur, maka cobalah untuk melakukan aktivitas berkumur dengan air garam.

Dan lakukan pula ketika si anak mengalami gejala awal dari bronkitis.

Garam ini bekerja seperti antiseptik yang mambantu mengeluarkan lendir. Ini pada akhirnya dapat membantu mengurangi dahak, mengurangi peradangan, dan merelaksasi kondisi jaringan di tenggorokan yang teriritasi.

Humidifier

Humidifier adalah alat yang bisa menambah kelembapan udara di suatu ruangan. 

Dan kelembaban ini bisa membantu mengurangi lendir yang berhubungan dengan bronkitis, sehingga si anak bisa bernapas lebih mudah.

Gunakan pelembab udara sedapat mungkin , terutama di ruangan tempat anak kamu tidur.

Madu

Madu termask obat yang baik untuk mengatasi batuk, salah satu gejala bronkitis yang paling umum.

Karena kemampuan antibakteri dan antivirus dari madu, bahan alami ini sangat berkontribusi dalam mengatasi batuk yang berhubungan dengan bronkitis.

Dan pula mampu membantu meredakan radang tenggorokan juga.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine pada 2007 melaporkan bahwa madu lebih mampu mengatasi batuk dan kesulitan tidur yang berkaitan dengan infeksi saluran pernapasan atas pada masa kanak-kanak.

Jahe

Jahe dapat menjadi bahan terbaik dalam mengobati bronkitis.

Mengandung sifat anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas, jahe sangat efektif dalam mengurangi gejala bronkitis. Juga dapat membantu mengurangi iritasi dan peradangan pada saluran bronkial.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa senyawa jahe yang beragam dapat digunakan sebagai obat anti-inflamasi pada infeksi pernapasan.

Bawang putih

Karena sifatnya antibiotik dan antivirus, bawang putih sangat bermanfaat dalam mengobati bronkitis, terutama bronkitis akut pada anak-anak.

Sebuah studi tahun 2016 melaporkan bahwa bawang putih mampu menghambat pertumbuhan virus yang menimbulkan bronkitis, sehingga menjadikannya bahan yang efektif untuk mengobati bronkitis.

Kunyit

Kunyit adalah ramuan efektif lain dalam mengobati bronkitis pada anak-anak.

Bahan alami ini mengandung bahan aktif curcumin, antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang membantu membuang lendir dan meminimalkan pembengkakan bronkial.

Selain itu, dapat pula membantu mengatasi batuk, nyeri, dan gejala bronkitis lainnya.

Mensuplai cairan

Dalam menangani bronkitis pada anak, pastikan kamu memberikan banyak cairan kepada anak. Ini dapat membantu mencegah dehidrasi yang dapat memperbutuk kondisi.

Menghidrasi tubuh dengan baik bisa membantu mengencerkan lendir, membantu mengeluarkannya, serta mengurangi kondisi batuk.

Beristirahatlah

Aktivitas tubuh terutama paru-paru dalam mengatasi kondisi infeksi bronkitis bisa membuat tubuh sangat lelah, sehingga tidak bisa mampu melakukan kegiatan sehari-hari.

Lantaran tubuh butuh waktu dalam memulihkan kondisi tubuh, berisitirahat atau tidur adalah suatu keharusan.

Comments